Adriaan Basson berkata:Pemerintah ANC sengaja mengubah sistem untuk melindungi NPA dari campur tangan politik.

 @adriaanbasson - @klik-beritanya.comPada kenyataannya, lupa Gupta. Mereka datang dan akan pergi, seperti Schabir Shaik, Glenn Agliotti dan Gaston Savoi. Dan setelah mereka akan datang sekelompok lain bajingan mengenakan jas, memangsa politisi dan pegawai negeri sipil untuk menangkap kekuasaan dan pengaruh atas belanja negara mereka.

Sistem ini berhubungan dengan mereka. Sangat, putus asa lambat, tetapi umumnya sistem tidak flush sampah itu, sering dengan bantuan yang cukup dari para pelaku sendiri.

(Ada, tentu saja, bahwa tidak nyaman kebenaran kecil yang koneksi politik pertama Guptas 'bukan yang Zumas, tapi mantan presiden Thabo Mbeki dan kepercayaannya Essop Pahad. Tapi itu cerita untuk hari lain.)

Untuk sistem untuk flush sampah, salah satu tentu saja mengasumsikan bahwa sistem ada. Di jantung dari sistem peradilan pidana berfungsi meletakkan jaksa yang - orang-orang yang memutuskan mana penjahat harus dihapus dari masyarakat.

Ya, hakim yang masih akan memutuskan apakah cukup bukti ada untuk mengirim penjahat ke penjara, namun inisiasi hanya dari penuntutan menciptakan keraguan dalam benak masyarakat tentang karakter dan integritas orang terdakwa.
null"Adriaan Basson

Oleh karena itu orang yang menduduki jabatan direktur nasional dari penuntutan publik (NDPP) harus tercela. Nasional Jaksa Authority (NPA) harus selalu menjalankan fungsinya tanpa rasa takut, kebaikan atau prasangka.

Pemerintah ANC sengaja mengubah sistem untuk melindungi NPA dari campur tangan politik.

Konstitusi, undang-undang dan yurisprudensi oleh Mahkamah Konstitusi dan Mahkamah Agung Banding (terutama dalam kasus Aliansi Demokratik vs Presiden Afrika Selatan dan Lainnya yang ditangani dengan pengangkatan Advokat Menzi Simelane sebagai NDPP) menegaskan kemerdekaan NPA terhadap setiap campur tangan eksekutif.

Itulah mengapa hal itu pikiran-blowingly menakutkan untuk membaca di Sunday Times bahwa Advokat Shaun Abrahams, yang NDPP saat ini, bertemu dengan Presiden Jacob Zuma, Menteri Keamanan Negara David Mahlobo, Menteri Kehakiman Michael Masutha dan Menteri Pembangunan Sosial Bathabile Dlamini di Luthuli DPR, markas ANC, pada tanggal 10 Oktober.

Mari kita perjelas: Abrahams seharusnya tidak pernah, pernah mengunjungi Luthuli rumah atau kantor partai politik dalam hal ini, apa pun alasan kunjungannya bisa.

Dia berada di atas. Kantornya pantas lebih hormat dari itu. Hanya dengan memungkinkan dia untuk dipanggil ke kantor pusat partai politik yang mengatur negara, Abrahams telah serius merusak status kantor dan posisinya.

The NDPP tidak boleh dipanggil oleh politisi mana pun untuk menghadiri apa pun yang tidak jelas masuk dalam mandatnya melakukan fungsi tanpa rasa takut, mendukung atau prasangka.

Mempertanyakan mengapa ia pergi ke Luthuli rumah sehari sebelum ia mengumumkan keputusan NPA untuk pidana mengisi Menteri Keuangan Pravin Gordhan dengan penipuan, Abrahams memiliki penjelasan yang sangat penasaran untuk memberikan.

"Saya, namun, pada Luthuli rumah [di] Senin sore atas permintaan menteri keadilan dan layanan pemasyarakatan, di mana saya menghadiri pertemuan yang berkaitan dengan keadaan anarki sebagai akibat langsung dari kerusuhan mahasiswa kekerasan ... dengan , antara lain, menteri Kehakiman, menteri keamanan negara, menteri pembangunan sosial dan presiden, "katanya kepada Sunday Times.

Juru bicara Zuma Bongani Ngqulunga menambahkan: "Presiden Zuma disebut beberapa menteri untuk memberikan dia dengan update pada situasi keamanan di kampus universitas. Presiden sangat ingin diberikan pengarahan tentang apa yang sedang dilakukan untuk melindungi staf keamanan, siswa dan properti selama protes. "

Dlamini mengatakan dia berada di sana sebagai penjabat menteri pertahanan. Masutha dan Mahlobo tidak berkomentar.

Mari kita membongkar kisah Zuma-Abrahams.

Zuma ingin diberikan pengarahan tentang situasi keamanan di kampus-kampus. Dia menyebut "beberapa menteri". Yang merupakan dua menteri pertama yang dia sebut? Pendidikan tinggi dan polisi, orang akan berpikir. Tapi tidak. Dia menyebut para menteri keadilan, kecerdasan dan perkembangan sosial (bertindak sebagai pertahanan).

plot mengental. Menurut cerita Zuma-Abrahams, Masutha kemudian memutuskan atas kemauannya sendiri untuk mengundang Abrahams ke pertemuan. Pada Luthuli Rumah. Untuk membahas protes mahasiswa.

Apa mungkin kontribusi bisa dengan NDPP telah dibuat? Jika Zuma ingin tahu berapa banyak siswa telah ditangkap, dia bisa meminta Masutha untuk mencari tahu. Atau digunakan Google.

plot mengental lebih jauh. Polisi tidak diundang ke pertemuan!

Lembaga negara di coalface dari protes mahasiswa (atau "anarki" kata Abrahams ') tidak diundang ke seharusnya singkat presiden pada situasi.

Beberapa jam setelah pengarahan Zuma dan tiga dari sekutu terdekatnya, Abrahams mengumumkan pada konferensi pers diperpanjang (yang ia mungkin akan harus mempersiapkan hari sebelumnya) yang Gordhan akan dikenakan tuduhan penipuan untuk menyetujui suatu pembayaran pensiun dini untuk nya wakil dahulu di Sars, Ivan Pillay. Dan beberapa hari kemudian Julius Malema dibebankan oleh unit NPA yang sama (yang Abrahams sebelumnya milik) menuntut Gordhan.

Semuanya bau. Cerita Zuma-Abrahams hanya cukup tidak cocok.

Mahlobo adalah bayangan Zuma yang bergerak ke mana pun ia pergi. Dlamini adalah presiden Liga ANC Perempuan dan Zuma pendukung vokal, yang mengambil kepala cambuk ANC Jackson Mthembu dalam komite kerja nasional partai pekan lalu ketika Mthembu mengkritik penyalahgunaan sumber daya negara untuk menuntut Gordhan dan menyerukan seluruh komite eksekutif nasional ANC (NEC) untuk mengundurkan diri. The mencolok Masutha tampaknya menjadi idiot berguna dalam penganiayaan politik besar ini bermain di depan mata kita.

Jika saya pengacara Gordhan, saya akan menuntut untuk melihat setiap catatan tunggal yang diambil selama pertemuan 10 Oktober di Luthuli rumah. Tapi menteri keuangan mungkin tidak akan begitu beruntung untuk diserahkan kaset mata-mata pertemuan sesaat sebelum sidang dimulai.

Dalam otobiografinya yang sangat baik padanya Tidak Tanpa Fight, mantan pemimpin DA Helen Zille menulis: "Yang benar adalah bahwa banyak lembaga negara ditangkap lama, oleh fraksi ANC di bawah Jacob Zuma. Karena Indonesia secara teratur conflate partai dan negara, sangat sedikit orang memahami apa artinya ini dan seberapa serius itu.

"Negara terdiri dari berbagai lembaga, dimaksudkan untuk melindungi masyarakat dari penyalahgunaan kekuasaan oleh politisi di kantor publik, dan dari penjahat dari segala jenis. Lembaga-lembaga ini harus, antara lain, mengadili sengketa dan konflik, menurut hukum, independen, tanpa mengalah pengaruh politik.

"Tekad Zuma untuk menangkap lembaga-lembaga ini dan untuk mengubahnya menjadi perpanjangan dari lingkaran dalamnya korup melanjutkan sebagian besar tidak diketahui sampai Gupta ditangkap Zuma dan, melalui dia, setiap lembaga negara yang mereka inginkan untuk memanipulasi. Maka kemarahan di 'capture negara memecahkan hambatan suara. "

Pikiran bahwa Abrahams dan NPA telah ditangkap oleh Zuma dan komplotan rahasia nya jauh lebih menakutkan dari apa yang Gupta dapat katakan atau lakukan.

- Basson adalah patner kami di News24.com seorang Editor. Ikuti dia di Twitter: @adriaanbasson

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Adriaan Basson berkata:Pemerintah ANC sengaja mengubah sistem untuk melindungi NPA dari campur tangan politik."

Post a Comment